Sistem Jalan Berbayar Elektronik di Jakarta 2023 ini?

Sistem Jalan Berbayar Elektronik di Jakarta 2023 ini?

Lewat jalananan Jakarta akan berbayar? Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berwacana  menerapkan sistem Electronic Road Pricing (ERP) di sejumlah ruas jalan Ibukota. Tujuan ERP diharapkan bisa menekan angka kemacetan sekaligus mendorong masyarakat beralih menggunakan Angkutan Umum.

Tidak seperti kebijakan ganjil genap di Jakarta, menurut Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik, jalan berbayar elektronik ini akan berlaku setiap hari mulai dari pukul 05.00 sampai 22.00 WIB.

Adapun dijelaskan dalam pasal 10 ayat 2 draf tersebut, dalam keadaan tertentu, Gubernur dapat memberikan persetujuan untuk sementara waktu tidak memberlakukan Pengendalian Lalu Lintas secara elektronik pada hari tertentu dan/atau waktu tertentu setelah mendapatkan usulan dari Dinas.

Usut punya usut, setiap jenis moda transportasi mulai dari kendaraan motor, kendaraan ringan, dan kendaraan berat (truk dan bus) akan dipungut tarif yang berbeda. Zulkifli, selaku Kepala Unit Pengelola Sistem Jalan Berbayar Elektronik Dinas Perhubungan menyebutkan kisaran tarif yakni 5000-19.900 tergantung ruas jalan.

Menilik dari efektivitas pengendalian kemacetan lalu lintas, kinerja lalu lintas jalan, efektivitas perpindahan penggunaan kendaraan pribadi ke Angkutan Umum, keberlanjutan dan pengembangan dalam rangka pengendalian lalu lintas, serta kemampuan dan keinginan bayar pengguna jalan.

Kedepannya adapun beberapa kendaraan yang dikecualikan membayar seperti sepeda listrik maupun kendaraan yang menggunakan penggerak motor listrik, kendaraan umum plat kuning, kendaraan dinas operasional pemerintah dan TNI / Polri kecuali / selain berplat hitam, kendaraan korps diplomatik negara asing, ambulans, mobil jenazah, dan kendaraan pemadam kebakaran.


Pada pasal 9 Ayat 1 disebutkan rencananya akan ada 25 ruas jalan di Jakarta yang akan menerapkan sistem ERP, berikut daftarnya :
 

  1. Jalan Pintu Besar Selatan
  2. Jalan Gajah Mada
  3. Jalan Hayam Wuruk
  4. Jalan Majapahit
  5. Jalan Medan Merdeka Barat
  6. Jalan Moh. Husni Thamrin
  7. Jalan Jend. Sudirman
  8. Jalan Sisingamangaraja
  9. Jalan Panglima Polim
  10. Jalan Fatmawati (Simpang Jalan Ketimun 1 - Simpang Jalan TB Simatupang)
  11. Jalan Suryopranoto
  12. Jalan Balikpapan
  13. Jalan Kyai Caringin
  14. Jalan Tomang Raya
  15. Jalan Jenderal S. Parman (Simpang Jalan Tomang Raya - Simpang Jalan Gatot Subroto)
  16. Jalan Gatot Subroto
  17. Jalan M. T. Haryono
  18. Jalan D. I. Panjaitan
  19. Jalan Jenderal A. Yani (Simpang Jalan Bekasi Timur Raya - Simpang Jalan Perintis Kemerdekaan)
  20. alan Pramuka
  21. Jalan Salemba Raya
  22. Jalan Kramat Raya
  23. Jalan Pasar Senen
  24. Jalan Gunung Sahari
  25. Jalan H. R. Rasuna Said








Other Blog
 Salad buah untuk ngemil tanpa khawatir
Salad buah untuk ngemil tanpa khawatir
Thursday, 14 September 2023 14:09 WIB
Kepingin ngemil tapi ngga mau yang bikin gendut? Nah, kamu bisa banget coba resep salad buah yang satu ini. Selain rasanya segar, manis
Resep Soto Betawi
Resep Soto Betawi
Friday, 21 July 2023 14:39 WIB
Soto Betawi merupakan soto khas DKI Jakarta yang disajikan dengan kuah santan. Soto gurih dengan kuah santan ini berisi daging sap, jeroan sapi dan organ sapi lainnya, seperti mata sapi, dan hati. Penyajian soto betawi biasanya ditambahkan dengan tomat, seledri, bawang goreng, dan emping. Dimakan panas dengan nasi hangat, sambal, jeruk nipis dan acar, soto ini pun semakin sedap disantap. Siapapun amat menyukai masakan ini, cocok untuk pecinta makanan berkuah yang gurih.
8 OLEH-OLEH KHAS BANDUNG
8 OLEH-OLEH KHAS BANDUNG
Monday, 19 July 2021 13:51 WIB
Bandung bukan hanya terkenal dengan tempat-tempat wisata atau jalan-jalannya yang unik. Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini juga memiliki beragam buah tangan, terutama makanan, yang juga tidak kalah menariknya. Karena itu, ketika RoomMies pulang berlibur atau mudik karena kost di Bandung,
Hotel Meeting Bogor
Hotel Meeting Bogor
Thursday, 14 October 2021 08:33 WIB
Kenapa bogor selalu menjadi destinasi favorit para business people?

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?