Manfaat Stretching bagi Tubuh dan Mental

Manfaat Stretching bagi Tubuh dan Mental

Tahukah kamu Stretching atau peregangan otot tidak hanya bermanfaat dilakukan sebelum olahraga, tapi juga bisa dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari atau ketika sedang bekerja di kantor saat tubuh mulai merasa kaku dan pegal.
Stretching atau yang kerap juga disebut pemanasan merupakan Gerakan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera.
Berikut berbagai manfaat stretching :
1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan menjadi kurang lentur atau fleksibel, terlebih jika Anda jarang bergerak atau berolahraga. Hal ini bisa membuat aktivitas menjadi kurang nyaman.
Untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot tubuh, Anda dapat rutin melakukan stretching. Selain itu, manfaat stretching juga baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan berbagai sendi tubuh.
2. Melancarkan peredaran darah
Kebiasaan duduk berjam-jam atau menatap komputer terlalu lama bisa membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar, misalnya pada kaki, leher, dan bahu.
Stretching di sela aktivitas sehari-hari berguna untuk meningkatkan aliran darah pada otot di area tersebut, sehingga membuat tubuh terasa lebih rileks.
3. Memperbaiki postur tubuh
Tubuh biasanya akan membungkuk dengan posisi kepala menunduk saat sedang bermain Hp. Postur tubuh yang kurang baik ini lama-kelamaan bisa membuat otot leher menjadi lemah, sehingga berisiko memicu terjadinya gangguan sendi dan otot di leher, misalnya nyeri leher.
Lakukan stretching dengan cara mendongakkan kepala dan merenggangkan otot dada. Anda juga bisa menyertainya dengan gerakan memutar kepala.
4. Mengatasi nyeri punggung
Nyeri punggung terjadi akibat beberapa hal, misalnya postur tubuh yang kurang baik dan kebiasaan jarang berolahraga.
Untuk meredakan gejala nyeri punggung akibat otot punggung yang kaku, Anda bisa melakukan stretching secara rutin maupun bisa mencoba olahraga tertentu, seperti yoga, pilates, atau renang.


5. Meredakan stres
Saat kita olahraga atau sekedar stretching tubuh akan menghasilkan hormon penghilang stres alami, yaitu endorfin. Inilah sebabnya mengapa stretching dan olahraga secara rutin baik dilakukan untuk mengatasi stres dan rasa cemas berlebih.
6. Meringankan sakit punggung
Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendurkan ketegangan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.
Lakukan peregangan dinamis seperti 'cat-cow' atau 'thread-the-needle'. Jenis peregangan ini dapat membantu memobilisasi tulang belakang secara perlahan dan meregangkan otot-otot sekelilingnya.
7. Meningkatkan kualitas tidur
Kualitas tidur memiliki peran yang penting dalam aktivitas sehari-hari dan berpengaruh bukan hanya pada kesehatan fisik namun juga mental. Tetapi, banyak orang yang merasa sulit untuk tidur nyenyak.
Melakukan stretching sebelum tidur dapat meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik dengan mengurangi stimulasi mental.
8. Meningkatkan kinerja dalam aktivitas fisik
Melakukan peregangan dinamis sebelum aktivitas fisik telah terbukti membantu mempersiapkan otot untuk kegiatan tersebut.
Ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja dalam berkegiatan atau olahraga atletik.
9. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit pinggang
Otot yang tegang dapat menyebabkan penurunan fleksibilitas tubuh. Ketika ini terjadi, kemungkinan ketegangan otot-otot di pinggang akan meningkat.
Rutinitas peregangan yang teratur juga dapat membantu mencegah nyeri pinggang di masa mendatang dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot.
10. Menenangkan pikiran
Membiasakan stretching secara teratur tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas, tapi juga dapat menenangkan pikiran.
Saat melakukan peregangan, fokuslah pada latihan kesadaran dan meditasi. Ini pada akhirnya akan membuat pikiran dan mental beristirahat.

11. Membantu mengurangi sakit kepala tegang
Selain diet yang tepat, hidrasi cukup, dan banyak istirahat, stretching bermanfaat mengurangi ketegangan yang dirasakan akibat sakit kepala.
Jenis-jenis stretching
Ada beberapa jenis teknik stretching. Berikut Jenisnya :
• Dinamis
• Statis
• Balistik
• PNF
• Pasif
• Peregangan aktif
Namun demikian, jenis stretching yang paling umum adalah statis dan dinamis:
Peregangan statis
Peregangan ini melibatkan menahan peregangan dalam posisi yang nyaman untuk jangka waktu tertentu antara 10-30 detik.
Bentuk peregangan ini paling bermanfaat setelah berolahraga, atau biasa kita sebut cooling down.
Peregangan dinamis
Peregangan ini merupakan gerakan aktif yang menyebabkan otot meregang.
Peregangan ini biasanya dilakukan sebelum berolahraga agar otot siap untuk bergerak.
Agar manfaat stretching bisa Anda peroleh secara optimal, luangkanlah waktu setidaknya 5–10 menit setiap hari untuk melakukan gerakan tersebut. Mulailah untuk membiasakan diri melakukan stretching dan rasakan manfaatnya pada kesehatan tubuh dan mental anda.








Other Blog
Rekomendasi Hotel dengan Nuansa Jepang versi IzyStay
Rekomendasi Hotel dengan Nuansa Jepang versi IzyStay
Thursday, 30 March 2023 14:31 WIB
Hotel Kuretakeso merupakan hotel dengan nuansa Jepang, yang memiliki banyak fasilitas mulai dari onsen, manga corner, Air Purifier di tiap kamar maupun lobi dan ada juga penyewaan yukata (pakaian tradisional Jepang), ruang meeting, pusat kebugaran, free Wi-Fi di lingkungan hotel, parkiran dan restoran Kuretake Rooftop
 Resort Surgawi Di Pulau Komodo
Resort Surgawi Di Pulau Komodo
Friday, 06 October 2023 15:10 WIB
Ayana Komodo Resort adalah resor bintang 5 pertama dan satu-satunya di Pantai Waecicu yang masih asli di Labuan Bajo. Hanya berjarak satu jam penerbangan dari Bali, masing-masing dari 12 suite dan 189 kamar premium di resor ini menawarkan pemandangan laut luas yang menghadap ke pantai, laut, dan Taman Nasional Komodo.
Fakta Tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402
Fakta Tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402
Monday, 26 April 2021 02:35 WIB
Saat ini indoensia kembali berduka dengan dikabarkan hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402. dan pencarian yang telah dilakukan beberapa hari lamanya untuk kapal ini, akhirnya menemukan titik akhir dan titik terang dengan ditemukan tiga bagian kapan yang terbelah. Kabar terbaru dari hasil pencarian KRI Nanggala-402 diumumkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Berikut fakta-fakta terbaru KRI Nanggala 402 yang berhasil dirangkum dari laporan-laporan terupdate :
Satu Tempat Sejuta Aktivitas
Satu Tempat Sejuta Aktivitas
Thursday, 03 August 2023 14:14 WIB
OLA OLA merupakan rumah lokal yang direnovasi sebagai Rumah Singgah bagi para Wisatawan. Lokasi tepat bagi para pecinta Peselancar dan Alam. Hanya 8 menit berjalan kaki dari pantai Selong Belanak dan di sekitarnya banyak titik selancar yang bagus seperti Mawi, Serangan, dan Air Guling.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?