Awal Bulan Ramadhan 2021

Awal Bulan Ramadhan 2021

Bulan Ramadhan di tahun 2021 hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi. Menurut Muhammadiyah, bulan ramadhan 2021 akan jatuh pada tanggal 13 April 2021 mendatang. Informasi ini disampaikan oleh Ketua Umum Haedar Nashir melalui Maklumat PP Muhammadiyah. Hal tersebut ditetapkan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.  
 
Sedangkan awal bulan puasa menurut Kementerian Agama baru akan ditentukan melalui sidang isbat yang rencananya akan diselenggarakan pada hari Senin, 12 April 2021. Karena adanya pandemi covid-19, sidang isbat akan dilakukan secara online/melalui video konferensi dan hanya mengundang beberapa perwakilan untuk menghadiri sidang isbat secara langsung.
 
Thomas Djamaluddin selaku Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), memperkirakan awal bulan ramadhan 2021 akan jatuh pada hari Rabu, 13 April 2021. Pernyataan tersebut didasarkan pada posisi bulan pada saat maghrib. Kriteria tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan oleh Nahdiatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah dalam menentukan awal bulan ramadhan. Tetapi Nahdiatul Ulama (NU) belum memberikan kepastian apapun terkait hal tersebut.
 
Dalam menentukan awal bulan ramadhan terdapat 2 metode yang biasa digunakan yaitu, rukyatul hilal dan hisab. Rukyatul hilal adalah aktivitas pengamatan visibilitas hilal (bulan sabit) saat matahari terbenam menjelang awal bulan pada kalender hijriah. Rukyatul hilal biasanya dilakukan untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah, Ramadhan, dan Syawal. Sedangkan hisab dapat diartikan dengan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender hijriah. Metode hisab ini adalah metode yang digunakan oleh Muhammadiyah.








Other Blog
4 Rekomendasi Restoran dan Cafe di Cove Batavia at PIK dengan view kece
4 Rekomendasi Restoran dan Cafe di Cove Batavia at PIK dengan view kece
Thursday, 02 March 2023 15:06 WIB
Wajib banget nih teman-teman datangi lokasi Hiburan dan kuliner di Pantai Indah Kapuk (PIK) tepatnya di kawasan baru di PIK yang bernama Cove at Batavia PIK. Kawasan berupa outdoor ini memiliki jalan setapak di pinggir pantai dengan berbagai kedai makanan, minuman, hingga fashion.
Hidden Gem Yang Wajib Kamu Kunjungi di Gorontalo
Hidden Gem Yang Wajib Kamu Kunjungi di Gorontalo
Tuesday, 08 February 2022 09:09 WIB
Tak banyak yang tahu, Gorontalo ternyata memiliki potensi wisata yang patut diperhitungkan. Lokasinya yang menghadap Teluk Tomini serta bagian utara yang menghadap Laut Sulawesi menawarkan sejumlah tempat wisata yang indah nan memesona.
5 Fakta Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II yang Wafat di Usia 99 Tahun
5 Fakta Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II yang Wafat di Usia 99 Tahun
Saturday, 10 April 2021 04:53 WIB
Kabar duka datang dari Istana Buckingham Inggris, pada hari Jum’at (9/4). Pangeran Philip Adipati Edinburgh (Duke of Edinburgh) dikabarkan meninggal dunia pada usia 99 tahun. Pangeran Philip lahir di Pulau Corfu Yunani tanggal 10 Juni 1921 dan bukan berasal dari Inggris tetapi dari keluarga Kerajaan Yunani dan Denmark. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, sementara Ibunya Putri Alice adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cucu dari Ratu Victoria. Meskipun lahir dari keluarga terpandang, hidup Pangeran Philip penuh dengan rintangan. Berikut ini adalah 5 fakta Pangeran Philip yang mungkin belum anda ketahui.
Sandwich Buah ala Jepang
Sandwich Buah ala Jepang
Thursday, 23 November 2023 13:38 WIB
Sandwich Buah ala Jepang cocok banget buat kamu pecinta makanan manis dan buah-buahan, Cara buatnya sangat mudah kalian tidak perlu menyalakan kompor. Berikut cara pembuatannya dan bahan apa saja yang harus disediakan.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?