CARA MENGETAHUI SATURASI OKSIGEN NORMAL PADA tTUBUH

CARA MENGETAHUI SATURASI OKSIGEN NORMAL PADA tTUBUH

Saturasi oksigen adalah salah satu hal yang perlu dipantau. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui besarnya kadar oksigen dalam jaringan dan organ.

Banyak mengalami penurunan kadar oksigen dalam darah mereka. Biasanya, kadar oksigen yang rendah menyebabkan gejala seperti kelelahan atau sesak napas. Namun, ada juga sebagian pengidap yang tidak mengalami gejala apapun saat mengalami kondisi tersebut.

Jika tidak segera ditangani, rendahnya kadar oksigen dalam darah bisa berakibat fatal. Penting untuk mengetahui berapa kadar oksigen normal dan cara melakukan cek saturasi oksigen. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bila kamu mengalami penurunan kadar oksigen dan mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Saturasi Oksigen
Saturasi oksigen adalah ukuran yang menunjukkan persentase hemoglobin yang terikat oksigen atau oksihemoglobin yang dibawa ke jaringan melalui aliran darah ke organ, jaringan, dan sel-sel tubuh. Jadi, pemeriksaan ini adalah tolak ukur penting untuk menentukan kandungan oksigen dalam darah dan pengiriman oksigen
ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat oksigen dalam darah, antara lain:

  1. Seberapa banyak oksigen yang dihirup.
  2. Seberapa baik fungsi alveolus dalam menukar karbon dioksida dengan oksigen.
  3. Banyaknya hemoglobin yang terkonsentrasi dalam sel darah merah.
  4. Seberapa baik hemoglobin menarik oksigen.
Pengukuran saturasi oksigen penting bagi orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan yang bisa menurunkan kadar oksigen dalam darah. Kondisi tersebut, antara lain penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, pneumonia, kanker paru-paru, gagal jantung, serangan jantung, dan juga COVID-19.
Berikut ini pilihan cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa saturasi oksigen:
  • Dengan Pulse Oximeter
Ini adalah metode yang paling umum digunakan untuk mengukur saturasi oksigen. Penggunaan pulse oximeter sangat mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kamu hanya perlu menempatkan alat di ujung jari atau daun telinga untuk mengukur saturasi oksigen secara tidak langsung.
  • Tes Analisa Gas Darah
Cara lain untuk cek saturasi oksigen secara akurat dengan melakukan tes analisa gas darah. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil darah dari pergelangan tangan (tes gas darah arteri) atau daun telinga (tes gas darah kapiler). Tes ini digunakan terutama untuk mengetahui apakah paru-paru berfungsi maksimal dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara efektif.
  • Kadar Saturasi Oksigen yang Normal
Ukuran kadar saturasi oksigen normal atau tidak normal tergantung pada metode pemeriksaannya.
- Bila menggunakan tes analisis gas darah, saturasi oksigen normal adalah di atas 80 mmHg. Sedangkan saturasi di bawah 80 mmHg dianggap tidak normal
- Bila menggunakan pulse oximeter, saturasi oksigen normal berkisar antara 95 persen dan 100 persen. Saturasi di bawah 95 persen dianggap tidak normal dan saturasi di bawah 90 persen adalah kondisi darurat yang perlu penanganan medis secepatnya.

 








Other Blog
Paket Isolasi Mandiri mulai dari Rp 1.000.000,- / Malam
Paket Isolasi Mandiri mulai dari Rp 1.000.000,- / Malam
Wednesday, 04 August 2021 14:19 WIB
Kasus Covid - 19 di Indonesia mengalami lonjakan angka penularan yang cukup tinggi sejak awal bulan July 2021. Meskipun kini angka positif Covid - 19 semakin menurun , akan tetapi ada kalanya memang kita wajib menjaga protokol kesehatan.
Izystay User Gathering 2024
Izystay User Gathering 2024
Thursday, 16 May 2024 08:42 WIB
Jakarta, 25 April 2024  –  IzyStay For Meeting mengadakan User Gathering kali Kedua di tahun 2024 berlokasi di Warung Tekko, Pasar Festival Kuningan
Nuansa Ubud di Malang
Nuansa Ubud di Malang
Friday, 11 August 2023 10:23 WIB
Ubud Hotel and Cottages ini lokasinya memang agak nylempit dan tidak seperti hotel-hotel lain di Malang yang kebanyakan berlokasi di pinggir jalan protokol. Lokasinya berada di Jalan Bendungan Sigura-gura Barat, No. 6, Sukun, Kota Malang. Daerah Sigura-gura ini memang lebih terkenal dengan daerah kos-kosan karena berada di dekat kawasan kampus.
Wisata Pantai di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih
Wisata Pantai di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih
Friday, 18 October 2019 07:24 WIB
Wisata pantai Jogja merupakan salah satu destinasi utama bila berkunjung ke Yogyakarta. Terletak di pantai selatan pulau jawa membuat Jogja memiliki begitu banyak pantai indah yang tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya, seperti Bali.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?