4 Tips Sehat Selama Berpuasa

4 Tips Sehat Selama Berpuasa

Selama Ramadan, umat Islam harus menahan diri tidak makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam. Sudah hari ke 15 kita berpuasa nih teman-teman, penting untuk peduli dan bijak untuk memilah milih kegiatan maupun asupan selama bulan suci Ramadan ini. Anda dapat melakukan tips sederhana berikut untuk membantu tubuh tetap bugar selama berpuasa 1 bulan penuh.

1. Tetap Terhidrasi
Penting bagi kita untuk menjaga jumlah cairan yang Anda butuhkan sesuai usia, jenis kelamin, iklim dan tingkat aktivitas. Orang dewasa rata-rata membutuhkan 2–3 liter air setiap hari. Jadi, pastikan untuk minum banyak cairan sebelum mulai puasa, bisa juga selain air kita meminum jus dan susu sebagai asupan vitamin. Buah-buahan hingga sayuran yang mengandung air, seperti semangka, melon, bayam juga dapat menggantikan cairan. Mengingat cairan penting untuk fungsi tubuh termasuk metabolisme dan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh serta menghilangkan limbah.

2. Atur Porsi Makan & jenis makanan
Pilihlah makanan sehat dengan cara masak dipanggang atau dikukus bukan digoreng. Anda dapat mencoba biji-bijian hingga kacang panggang. Sementara lengkapi juga dengan sayur segar. Pastikan anda makan cukup protein harian, jumlah minimal protein 1 gr x berat badan.
Jangan lupa konsumsi buah dalam porsi kecil sebagai alternatif cemilan sehat dengan manis alami untuk hidangan penutup Anda, contohnya Kurma. Hindari makan makanan manis dalam kemasan yang dijual di supermarket, karena hal tersebut dapat menyebabkan kelebihan kalori harian khususnya saat sedang bulan puasa ini, yang mana malah akan menambah berat badan anda. 
Hindari makan berlebihan pada saat sahur maupun berbuka puasa, karena akan menyebabkan perut kembung, sesak, dan kenaikan berat badan. Pastikan anda makan dengan porsi yang cukup.

3. Istirahat dan Olahraga dengan intensitas rendah
Disamping memperhatikan asupan nutrisi, seperti buah, sayur, hingga protein. Tips puasa sehat selanjutnya yang tidak kalah penting untuk memastikan tubuh tetap terjaga dengan tidur yang cukup dan lakukan aktifitas fisik atau olahraga ringan untuk tetap bugar selama puasa. Atur waktu untuk berjalan-jalan sekitar rumah atau melakukan peregangan sederhana maupun yoga untuk tetap aktif bergerak. Karena puasa bukan alasan anda untuk bermalas-malasan.
 
4. Konsumsi Vitamin
Saat menjalankan ibadah puasa, dapat dipastikan anda sedikit banyak kehilangan nutrisi penting untuk tubuh. Asupan kalori yang lebih sedikit dari biasanya membuat tubuh lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Maka ada baiknya jika anda mengkonsumsi suplemen vitamin yang diperlukan tubuh.
 
 








Other Blog
Awal Bulan Ramadhan 2021
Awal Bulan Ramadhan 2021
Friday, 26 March 2021 08:33 WIB
Bulan Ramadhan di tahun 2021 hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi. Menurut Muhammadiyah, bulan ramadhan 2021 akan jatuh pada tanggal 13 April 2021 mendatang. Informasi ini disampaikan oleh Ketua Umum Haedar Nashir melalui Maklumat PP Muhammadiyah. Hal tersebut ditetapkan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Reservasi Ruang Rapat Cukup Melalui Aplikasi
Reservasi Ruang Rapat Cukup Melalui Aplikasi
Tuesday, 08 June 2021 10:14 WIB
Kini anda tidak perlu lagi repot reservasi ruang rapat. Cukup melalui "Izy Stay" yuk intip bagaiamana cara reservasi ruang rapat melalui aplikasi "Izy Stay"
Wisata Pantai Terkenal di Kabupaten Sukabumi
Wisata Pantai Terkenal di Kabupaten Sukabumi
Saturday, 12 February 2022 10:43 WIB
Pantai Pangumbahan adalah salah satu pantai terkenal di Jawa Barat. Pantai yang menjadi habitat penyu hijau ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki daya tarik yang menonjol dibanding pantai-pantai lainnya, Pantai Pangumbahan sudah sangat dikenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak wisata alam Pantai Pangumbahan berikut ini yuk!
Resep Roti Bun Krim Keju Bawang
Resep Roti Bun Krim Keju Bawang
Friday, 09 February 2024 15:03 WIB
Pingin makan roti super lembut tapi males keluar rumah untuk beli? Yuk kita intip cara membuat roti bun super lembut dan legit.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?