MENGENAL COVID-19 VARIAN LAMBDA

MENGENAL COVID-19 VARIAN LAMBDA

Virus Corona penyebab COVID-19 masih terus bermutasi menghasilkan berbagai varian baru. COVID-19 varian Lambda adalah salah satu varian mutasi virus Corona yang mulai banyak ditemukan di berbagai negara, tapi belum terkonfirmasi masuk ke Indonesia.

COVID-19 varian Lambda atau C.37 pertama kali diidentifikasi di Peru pada bulan Desember tahun 2020. COVID-19 varian Lambda memiiliki 2 mutasi pada domain pengikat reseptor protein spike virus SARS-CoV-2, yakni mutasi L452Q dan F490S.
Virus Corona varian Lambda pertama kali banyak ditemukan di negara Amerika Selatan. Namun, virus ini diketahui telah menyebar ke berbagai negara lain, seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.
 
COVID-19 Varian Lambda
COVID-19 varian yang ditemukan sebelumnya, yakni varian Alfa, Beta, Delta, dan Gamma, kini sudah dikategorikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian yang perlu diwaspadai (variants of concern).Klasifikasi ini menunjukkan bahwa varian-varian tersebut telah terbukti lebih menular dan berisiko menyebabkan gejala COVID-19 yang lebih parah atau sulit diobati.

Berbeda dengan COVID-19 varian Lambda, hingga kini varian ini masih diklasifikasikan sebagai varian yang perlu diperhatikan (variant of interest).

Ini karena COVID-19 varian Lambda diprediksi berpotensi dapat menyebar lebih cepat, menyebabkan gejala COVID-19 yang lebih parah, atau menurunkan ekfektifitas vaksin COVID-19. Namun, hingga saat ini, belum terdapat bukti yang cukup akan hal-hal tersebut. Oleh sebab itu, penelitian dan pengawasan masih terus dilakukan untuk memastikan apakah COVID-19 varian Lambda lebih berbahaya dari varian lainnya atau tidak.
Tidak menutup kemungkinan COVID-19 varian Lambda akan diklasifikasikan sebagai variant of concern. Hal ini bisa terjadi, jika kelak COVID-19 varian Lambda terbukti lebih mudah dan cepat menular atau menyebabkan gejala COVID-19 yang lebih berat.

Gejala COVID-19 varian Lambda tidak jauh berbeda dengan gejala COVID-19 pada umumnya, yaitu demam, batuk, pilek, nyeri otot, sakit kepala, lemas dan gangguan indera penciuman (anosmia).

Kemampuan Vaksin COVID-19 dalam Melawan COVID-19 Varian Lambda
WHO menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang sudah ada saat ini masih mampu dan efektif membentuk respons imunitas tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 dan variannya, termasuk varian Lambda.
Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang membahas mengenai efektivitas vaksin COVID-19, seperti vaksin Astrazeneca dan vaksin mRNA, terhadap COVID-19 varian Lambda. Riset ini menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 dalam dosis lengkap tetap bisa memberi perlindungan terhadap COVID-19 varian Lambda dan virus Corona jenis varian lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa vaksinasi COVID-19 tetaplah merupakan cara yang efektif untuk memperlambat penyebaran penyakit dan menurunkan risiko menderita gejala yang parah akibat infeksi COVID-19, termasuk varian Lambda.

Selain itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, guna mencegah penularan penyakit COVID-19.
 








Other Blog
Promo Bulan Agustus dari Izy Stay
Promo Bulan Agustus dari Izy Stay
Friday, 13 August 2021 14:25 WIB
Cari tau yuk promo apa saja yang ada di Izy Stay special Bulan Agustus 2021.
Mitos-Mitos Mengenai Puasa
Mitos-Mitos Mengenai Puasa
Thursday, 15 April 2021 01:46 WIB
Menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan merupakan kewajiban untuk umat muslim. Berpuasa tidak hanya untuk beribadah tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak sekali informasi mengenai puasa yang belum pasti kebenarannya dan telah menjadi mitos di masyarakat. Dan inilah beberapa mitos tentang puasa yang perlu anda ketahui kebenarannya.
REKOMENDASI HOTEL MENGINAP DAN RUANG RAPAT DARI IZY STAY : IPB CONVENTION CENTER BOGOR
REKOMENDASI HOTEL MENGINAP DAN RUANG RAPAT DARI IZY STAY : IPB CONVENTION CENTER BOGOR
Friday, 23 July 2021 16:02 WIB
Alamat : Botani Square Building Lt. 2 Jl. Pajajaran Raya, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16127 No Telpon : (0251) 8400658
HAL-HAL YANG DILAKUKAN SAAT SEDANG KARANTINA MANDIRI DIRUMAH
HAL-HAL YANG DILAKUKAN SAAT SEDANG KARANTINA MANDIRI DIRUMAH
Wednesday, 28 July 2021 15:30 WIB
Tidak semua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 harus dibawa ke rumah sakit. Bagi pasien positif corona yang tidak bergejala atau bergejala ringan, dapat melakukan isolasi mandiri atau karantina di rumah. Namun, saat melaksanakan isolasi mandiri tetap harus memperhatikan sejumlah hal agar tetap aman dan tidak menularkan virus ke anggota keluarga lain di rumah.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?