Wajib dicoba! Makanan Khas Bangka Belitung Terpopuler

Wajib dicoba! Makanan Khas Bangka Belitung Terpopuler

Wajib dicoba! Makanan Khas Bangka Belitung Terpopuler - Provinsi Bangka Belitung memiliki beragam produk budaya yang wajib Anda explore. Salah satunya di bidang kuliner. Provinsi yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau belitung ini memiliki kuliner khas ikan laut yang memiliki cita rasa kaya akan rempah-rempahnya. 

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut beberapa kuliner khas Bangka Belitung yang layak kamu coba!

1.Mie Belitung

Kunci utama dari makanan Belitung adalah penggunaan rempah yang kaya, dan mie Belitung tidak luput dari bumbu-bumbu yang pas. Mie Belitung adalah mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu udang yang panas. Kuah dari mie belitung bertekstur kental dengan rasa manis, gurih, dan asam.

Saat dimakan, kuah mie belitung terasa sangat segar, apalagi ketika disajikan dengan kentang rebus, tahu, udang, tauge, dan timun. Penggunaan merica, jahe bawang merah dan putih juga menjadi pelengkap yang membuat makanan ini semakin gurih.

Pada umumnya, Mie Belitung disajikan dalam mangkuk yang berisikan topping seperti udang rebus dan renyahnya emping melinjo. Waktu yang tepat untuk menikmati kehangatan Mie Belitung yaitu saat musim hujan. Sensasi rempah-rempahnya yang mantap pasti membuat Anda jadi ketagihan dan tidak bisa melupakan kelezatan khas dari Mie Belitung satu ini!

Salah satu restoran populer yang menyajikan mie Belitung adalah Mie Belitung Nyonya Atep. Meskipun kedainya saat ini sudah sangat ramai, Nyonya Atep tidak membuka cabang di tempat lain selain di Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan, Belitung. Menjadikan lokasi ini sebagai penggagas mie belitung karena sudah melebihi 30 tahun berjualan.

2.Berego

Berego yang merupakan makanan khas Belitung ini tidak pernah absen dari sajian saat perayaan atau acara besar. Berego biasanya dipotong-potong dan disajikan dalam piring dengan kari ikan sebagai menu pendampingnya.

Bentuk Berego mirip seperti lontong yang sering disajikan dalam makanan berkuah. Hidangan Berego ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu. Proses Brego dibungkus dengan daun pisang, tapi adonan dituang dalam wadah plastik/anyaman lalu dikukus hingga matang. Setelah matang adonan lalu diangkat dan digulung hingga ketika dipotong akan terlihat seperti gulungan atau lapisan adonan.

Makanan khas Bangka Belitung ini biasanya disajikan dengan kari ikan. Di Belitung, Berego juga cocok dihidangkan bersama mie belitung atau juga makanan lempah kuning.

Perpaduan rasa ikan yang segar dan tekstur kenyal berego membuat hidangan ini menjadi makanan favorit masyarakat lokal dan wisatawan. Gak heran jika akhirnya para penduduk lokal membuka rumah makan dengan menu berego sebagai masakan andalannya.

3.Lakse

Hidangan Lakse konon merupakan adaptasi dari spaghetti. Seperti berego yang sering dimirip-miripkan dengan lontong, Lakse juga dianggap mirip dengan kue putung mayang, kuliner khas dari Betawi.

Bedanya dengan putu mayang yang dominan manis, hidangan Lakse dipadukan dengan makanan gurih berkuah.

Lakse terbuat dari bahan dasar tepung beras, santan, dan sagu. Sama seperti berego, kuliner ini juga dinikmati dengan kuah yang dibuat dari ikan laut seperti ikan tenggiri.

 

 

 

Eksplorasi kuliner bukan satu-satunya hal yang bisa kamu dapatkan di Bangka Belitung, tapi juga eksplorasi daerah. Disinyalir, ada sekitar 500 pulau kecil yang mengelilingi kedua pulau ini, dengan hanya 50 pulau saja yang ditinggali oleh penduduknya. Sudah terbuktikan bahwa Kepulauan Bangka Belitung layak masuk ke dalam daftar kunjung kamu.

Tentunya, kamu bisa menikmati panganan yang satu ini di Bangka Belitung, namun jika beruntung, mungkin ada beberapa restoran Bangka Belitung yang berada di sekitar tempat tinggalmu. Pastikan kamu hampiri Provinsi Bangka Belitung dan reservasi hotel nya hanya di Izystay!

Semua kuliner ini tentunya bisa kamu nikmati secara autentik dari kota Bangka Belitungnya langsung. Siap wisata kuliner? Cek Izystay For Meeting  sekarang untuk mendapatkan hotel & penginapan hingga ruang meeting di area Bangka Belitung dengan pilihan harga terbaik!








Other Blog
Wisata Pantai di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih
Wisata Pantai di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih
Friday, 18 October 2019 07:24 WIB
Wisata pantai Jogja merupakan salah satu destinasi utama bila berkunjung ke Yogyakarta. Terletak di pantai selatan pulau jawa membuat Jogja memiliki begitu banyak pantai indah yang tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya, seperti Bali.
Manfaat Stretching bagi Tubuh dan Mental
Manfaat Stretching bagi Tubuh dan Mental
Thursday, 02 February 2023 13:26 WIB
Tahukah kamu Stretching atau peregangan otot tidak hanya bermanfaat dilakukan sebelum olahraga, tapi juga bisa dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari atau ketika sedang bekerja di kantor saat tubuh mulai merasa kaku dan pegal. Stretching atau yang kerap juga disebut pemanasan merupakan Gerakan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera.
6 Restoran Sunda Wajib dikunjungi di Bogor
6 Restoran Sunda Wajib dikunjungi di Bogor
Thursday, 16 March 2023 14:54 WIB
Buat kamu yang lagi staycation di Bogor atau sekedar jalan-jalan, jangan lupa untuk mampir kulineran ke restoran Sunda yang paling wajib untuk dikunjungi nih, berikut ke-enam restoran sunda yang wajib kamu cek nih :
Resep Avocado Toast Menu Sarapan Terbaik
Resep Avocado Toast Menu Sarapan Terbaik
Thursday, 12 October 2023 13:49 WIB
Siapa yang ngga tahu seberapa sehatnya memakan Alpukat dalam keseharian, buah yang satu ini kaya akan gizi, isi kandungannya protein, lemak, vitamin, mineral, dan juga karbohidrat.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?