Mengulik kuliner khas Bogor : Toge Goreng Khas Bogor

Mengulik kuliner khas Bogor : Toge Goreng Khas Bogor

Saat berada di kota Bogor, makanan yang paling enak yang wajib anda coba cicipi adalah Toge Goreng. Makanan ini memang paling banyak di sukai semua masyarakat bogor, karena rasanya yang khas dan enak.

Dari namanya mungkin ada yang berpikir bahwa olahan ini adalah tauge yang dibuat dengan cara digoreng, namun ternyata nama itu menipu siapa saja, karena sebenarnya tauge goreng dibuat dengan cara direbus. Kata goreng diperoleh sebab perebusan tauge-nya dilakukan dengan memakai wajan, yang notabene dipakai sebagai alat penggorengan

Sajian taoge, mi rebus, oncom, dan tauco ini memang punya rasa yang khas. Ada rasa gurih, manis, dan pahit jadi satu. Selain itu aromanya juga membuatna khas. Pengamat sejarah Tionghoa di Bogor, Mardi Liem menyebutkan dalam sepiring toge goreng bogor, hampir semuanya menggunakan istilah Hokian

Sejarah Toge Goreng Bogor
Terciptanya toge goreng khas Bogor ini ternyata ada pengaruh antara dua negara, yaitu China dan Eropa. Toge goreng dibuat karena terinspirasi dari spaghetti.
Menurut pemerhati sejarah keturunan China Bogor, Mardim Liem, saat itu orang Eropa selalu menyajikan spaghetti untuk acara jamuan makan. Dan itu membuat China terinspirasi membuat dengan versinya sendiri.
Dari itu terciptalah toge goreng yang kemudian dibawa oleh perniagaan China ke Indonesia pada abad ke-18. Saat itu, namanya dikenal dengan sebutan toge mi yang diambil dari dua bahan utama.Kemudian racikan tersebut disesuaikan dengan lidah orang lokal, sehingga dicampurkan geco atau singkatan dari toge dan tauco
 
Bahan Olahan Toge Goreng Khas Bogor

  1. 200 gr mie kuning basah
  2. 100 gr tauge
  3. 1 buah tahu besar
  4. Lontong / kupat
  5. kucai
  6. Bahan Kuah:
  7. 3 batang daun bawang, iris
  8. 4 sdm tauco
  9. 1 potong oncom bandung (yang ada kacangnya)
  10. 6 sdm kecap manis
  11. 2 sdm minyak untuk menumis
  12. 500 ml air matang
  13. 1 ruas lengkuas
  14. 1 lembar daun salam
Bumbu yang dihaluskan:
  1. 3 buah cabai merah
  2. 6 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih








Other Blog
Kulineran di Kota Bogor Yuk !
Kulineran di Kota Bogor Yuk !
Wednesday, 02 June 2021 16:43 WIB
Kota Hujan. Siapa yang tidak kenal dengan istilah Kota Hujan, Kota dengan intensitas hujan yang cukup tinggi ini tersimpan berbagai kuliner yang begitu khas. Kota Bogor. Mungkin ketika anda berwisata tujuan selain pergi ke destinasi wisata anda akan mencoba makanan ciri khas kota tersebut. Kali ini Izy Stay akan memberikan beberapa rekomendasi kuliner khas Kota Bogor.
5 Destinasi Liburan yang Cocok untuk Anak-Anak di Kota Bogor
5 Destinasi Liburan yang Cocok untuk Anak-Anak di Kota Bogor
Wednesday, 24 March 2021 05:14 WIB
Liburan tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Dengan mengajak anak pergi berlibur, kita bisa menambah momen kedekatan bersama keluarga dan menghilangkan stress pada anak. Pergi berlibur tidak hanya untuk sekedar hiburan, tetapi juga bisa menambah wawasan anak seperti mengenal hal-hal baru yang dapat mengedukasi anak selama liburan. Berikut ini adalah 5 Destinasi liburan yang cocok untuk anak yang berada di Kota Bogor.
Sejauh mata memandang, Ubud juaranya!
Sejauh mata memandang, Ubud juaranya!
Wednesday, 16 March 2022 16:02 WIB
Ubud terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Salah satu alasan Ubud menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan asing dan lokal karena pemandangannya yang mempesona ada banyak sawah, hutan, sungai yang sangat alami. Memberikan nuansa yang sangat berbeda dengan daerah lainnya.
GEMPA 4.4 M GUNCANG NAGAN RAYA ACEH
GEMPA 4.4 M GUNCANG NAGAN RAYA ACEH
Thursday, 22 July 2021 13:25 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Aceh untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. Imbauan itu menyusul terjadinya gempa dengan Magnitudo 4,4, Rabu (21/7/2021) pukul 16.10 WIB.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?