MANFAAT BERJEMUR BAGI TUBUH

MANFAAT BERJEMUR BAGI TUBUH

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.  Oleh karena itu, Dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Manfaat berjembur dipagi hari

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Terlebih, kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Solusi mudah dan praktis di dalam mencukupi asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan pajanan sinar matahari di pagi hari.
Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dipercaya dapat mengurangi risiko infeksi virus Corona, meski hal ini masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut.
 
Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Konsultasikan hal ini dengan dokter ahli kulit terkait.

Meski demikian, sebaiknya hindari berjemur pada kisaran pukul 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Sebagai perlindungan, gunakan topi, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kacamata anti UV yang meminimalkan terpaparnya kulit terhadap sinar matahari. Disarankan juga untuk menggunakan payung atau berlindung di bawah atap ketika matahari sedang terik-teriknya.
 








Other Blog
Cara Mengelola Keuangan Selama Masa Pandemi
Cara Mengelola Keuangan Selama Masa Pandemi
Tuesday, 08 February 2022 14:28 WIB
Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda harus mengetahui cara mengelola keuangan. Dengan kata lain, Anda juga dituntut untuk pandai mempraktikan cara mengelola keuangan. Pandemi yang membuat berbagai hal menjadi sulit dalam beberapa waktu ke belakang, menuntut kita untuk bisa lebih efektif dalam mengelola keuangan. Jika tidak bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan, hal ini akan berpotensi membuat Anda kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Tidak hanya itu, harga dari bahan pokok dan kebutuhan hidup lainnya juga semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk Anda bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan secara efektif.
5 REKOMENDASI HOTEL DI JAKARTA
5 REKOMENDASI HOTEL DI JAKARTA
Monday, 05 July 2021 15:46 WIB
Bagi kalian yang ingin berlibur ke Jakarta tetapi bingung mau memilih hotel mana yang harus di kunjungi. Anda bisa coba cek beberapa rekomendasi Hotel yang berada di Jakarta.
5 Fakta Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II yang Wafat di Usia 99 Tahun
5 Fakta Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II yang Wafat di Usia 99 Tahun
Saturday, 10 April 2021 04:53 WIB
Kabar duka datang dari Istana Buckingham Inggris, pada hari Jum’at (9/4). Pangeran Philip Adipati Edinburgh (Duke of Edinburgh) dikabarkan meninggal dunia pada usia 99 tahun. Pangeran Philip lahir di Pulau Corfu Yunani tanggal 10 Juni 1921 dan bukan berasal dari Inggris tetapi dari keluarga Kerajaan Yunani dan Denmark. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, sementara Ibunya Putri Alice adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cucu dari Ratu Victoria. Meskipun lahir dari keluarga terpandang, hidup Pangeran Philip penuh dengan rintangan. Berikut ini adalah 5 fakta Pangeran Philip yang mungkin belum anda ketahui.
RANGKUMAN PERTANDINGAN HIBERNIAN VS ARSENAL
RANGKUMAN PERTANDINGAN HIBERNIAN VS ARSENAL
Wednesday, 14 July 2021 14:08 WIB
Arsenal memulai jadwal musim ini dengan melakukan pertandingan persahabatan melawan Hibernian di Easter Road kota Edinburgh. Pelatih Arsenal Mikel Arteta memang menyiapkan sejumlah uji coba menjelang Liga Inggris dimulai, salah satunya adalah dengan tim Divisi Utama SKotlandia Hibernian.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?