8 OLEH-OLEH KHAS BANDUNG

8 OLEH-OLEH KHAS BANDUNG

Bandung bukan hanya terkenal dengan tempat-tempat wisata atau jalan-jalannya yang unik. Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini juga memiliki beragam buah tangan, terutama makanan, yang juga tidak kalah menariknya. Karena itu, ketika RoomMies pulang berlibur atau mudik karena kost di Bandung,

Berikut beberapa  8 oleh-oleh khas Bandung :

  1. Pisang Bollen Kartika Sari :
    Panganan yang satu ini tidak boleh tidak dibeli ketika kamu sedang Bandung. Pisang bollen adalah makanan berupa pisang yang dilapisi kulit pastry dan menghasilkan rasa yang legit, lezat, serta pas jadi teman minum teh. Saat ini, banyak yang menjual pisang bollen, tapi pisang bollen Kartika Sari masih jadi yang terbaik. Makanan yang lahir pada tahun 1970 ini menggunakan resep asli turun-temurun yang rasanya tidak berubah sampai sekarang.
    Toko Kartika Sari berpusat di Jalan H. Akbar No. 4, Kebon Kawung. Kamu dapat juga membelinya di beberapa cabang di Bandung, antara lain di Kebon Jukut, Antapani, Buah Batu, dan Dago. Rasa pisang bollen bervariasi, dari pisang cokelat, pisang keju, ada juga bollen tape dan bollen durian. Selain pisang bollen, Kartika Sari menjual juga pilihan makanan lain, seperti pastel, risoles, hingga bagelen.
     
  2. Picnic Roll Prima Rasa
    Picnic roll adalah makanan khas western berupa daging cincang yang diberi bumbu, lalu digulung dengan kulit pastry dan telur rebus, kemudian dipanggang. Namun, picnic roll Prima Rasa dari Bandung terkenal kelezatannya. DItambah lagi fakta bahwa Prima Rasa tidak membuka cabang di luar kota Bandung, sehingga picnic rollnya pantas dipilih sebagai oleh-oleh khas Bandung.
     
    Selain rasa daging sapi, Prima Rasa juga membuat picnic roll dengan daging ayam. Mereka menjual juga brownies, puding, dan mousse cake. Menariknya, semua pembuatan picnic roll, pastry, dan kue-kue lainnya dibuat pada dapur yang terpusat di Jalan Kemuning. Setelah itu, didistribusikan ke toko cabang Prima Rasa lainnya, seperti di Pasirkaliki. Jadi, jangan heran kalau kualitas rasanya selalu sama dan tidak pernah berubah.
     
  3. Surabi Bandung Enhaii
    Ketika ke Bandung, jangan lewatkan juga menikmati kue surabinya yang khas dan legit. Ada banyak pedagang surabi Bandung, tapi yang paling lezat dan harus kamu coba adalah Surabi Enhaii yang ada di Jalan Setiabudi. Kedai surabi ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada malam hari, sehingga kamu harus sabar menunggu pesanan kamu jadi, ya.
    Surabi Enhaii dibuat dengan cara tradisional, yaitu dipanggang dengan kompor arang. Karena itu, keaslian rasa surabi yang smokey masih terasa.
     
    Selain itu, topping surabi juga semakin bervariasi, tidak hanya yang standar dibanjur gula merah, ada juga yang gurih. Contohnya,  durian, keju, oncom, kismis, hingga ayam telur keju dan sosis.
     
  4. Oncom Sari Raos
    Oncom adalah makanan khas sunda yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat, salah satunya oncom goreng. Oncom Raos menyajikan rasa oncom yang lezat dan berkualitas. Tidak hanya menjual oncom mentah, Oncom Raos juga menghadirkan berbagai produk olahan oncom, seperti oncom goreng dan keripik oncom. Untuk memperoleh Oncom Raos, kamu bisa membeli di tokonya di Jalan Cihampelas.
     
  5. Batagor Riri
    Keistimewaan batagor Riri adalah rasanya yang lezat dan gurih, bikin puas banget setelah menyantapnya. Karena itu, kalau ke Bandung, sempatkan membeli oleh-oleh khas Bandung ini. Lokasi tempat penjualannya berpusat di Jalan Burangrang. Kamu bisa juga membeli di beberapa cabangnya, seperti di Kebon Kawung, Jalan Setiabudhi, atau Dago.
     
    Anda bisa membelinya matang atau setengah matang untuk disimpan dulu selama beberapa hari, baru digoreng supaya bisa dimakan hangat. Batagor setengah matang bisa bertahan selama empat hari kalau disimpan dalam kulkas. Harga satuan batagor Riri mulai Rp7.000.
     
  6. Tahu Bandung
    Tahu bukan hanya makanan khas Sumedang saja. Bandung juga memiliki tahu yang menjadi oleh-oleh khas. Berbeda dengan tahu Sumedang yang agak garing dan kopong, tahu bandung justru lebih padat dan lembut. Rasanya juga tidak masam. Tentu, tetap terasa gurihnya.
     
    Tahu Bandung pas bagi orang yang kurang suka tahu akibat rasa asam dan/atau kulitnya jadi kenyal setelah digoreng.
     
  7. Kopi Aroma Bandung
    Selain makanan, wajib banget membawa pulang bubuk kopi ini. Toko Kopi Aroma termasuk legendaris karena menjual kopi sejak tahun 1930. Kopi yang dijual hanya dua, yaitu kopi robusta dan arabika. Keunikannya adalah dari cara pembuatan bubuk kopinya. Biji kopi robusta disimpan dulu selama lima tahun dan kopi arabika disimpan selama delapan tahun sebelum diolah. Dengan cara tersebut, rasa kopi yang dihasilkan lebih murni dan nikmat.
     
    Selain itu, proses penggilingan masih tradisional, yaitu dipanggang dulu dengan kayu bakar. Hasilnya, kualitas biji kopi yang jempolan dan harum. Tempat pembuatan kopinya langsung berada di toko Kopi Aroma di kawasan Braga. Kopi Aroma dijual dalam beberapa ukuran, yaitu 250gr, 500gr, hingga 1kg. Harganya mulai Rp20.000 dan pembeliannya hanya dibatasi maksimal 3 kg per orang.
     
  8. Peyeum Bandung
    Peuyeum adalah penyebutan tape singkong dalam bahasa Sunda. Tape merupakan singkong yang ditaburi ragi lalu disimpan selama beberapa hari (fermentasi). Hasil fermentasinya berupa singkong yang lunak dan rasa yang asam. Keunikan peuyeum Bandung adalah rasanya tidak terlalu asam, malah cenderung manis, sehingga enak disantap begitu saja (tanpa perlu diolah dulu).
     
    Sudah banyak yang menjual peyeum ala Bandung di luar kota Bandung. Namun, membeli langsung oleh-oleh khas Bandung tersebut di kota penghasilnya tentu terasa lebih afdal. Kamu bisa memperoleh rasa dan kualitas yang terjaga keasliannya. Peuyeum Bandung banyak dijual di toko oleh-oleh, salah satunya di Jalan Cihampelas.
     








Other Blog
Mitos-Mitos Mengenai Puasa
Mitos-Mitos Mengenai Puasa
Thursday, 15 April 2021 01:46 WIB
Menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan merupakan kewajiban untuk umat muslim. Berpuasa tidak hanya untuk beribadah tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak sekali informasi mengenai puasa yang belum pasti kebenarannya dan telah menjadi mitos di masyarakat. Dan inilah beberapa mitos tentang puasa yang perlu anda ketahui kebenarannya.
Kamar Menghadap Samudera Hindia
Kamar Menghadap Samudera Hindia
Thursday, 19 October 2023 14:28 WIB
Discovery Kartika Plaza Hotel adalah The Heritage Hotel bintang 5 berlokasi di tepi laut Indian di jantung Kuta – Bali. Diresmikan pada tahun 1990 dan dibangun di atas lahan seluas 10 hektar dengan konsep terpadu Hotel dan Shopping Mall.
Fakta Tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402
Fakta Tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402
Monday, 26 April 2021 02:35 WIB
Saat ini indoensia kembali berduka dengan dikabarkan hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402. dan pencarian yang telah dilakukan beberapa hari lamanya untuk kapal ini, akhirnya menemukan titik akhir dan titik terang dengan ditemukan tiga bagian kapan yang terbelah. Kabar terbaru dari hasil pencarian KRI Nanggala-402 diumumkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Berikut fakta-fakta terbaru KRI Nanggala 402 yang berhasil dirangkum dari laporan-laporan terupdate :
Paket Isolasi Mandiri By Izy Stay
Paket Isolasi Mandiri By Izy Stay
Tuesday, 27 July 2021 15:19 WIB
Secara bahasa arti isoman adalah isolasi mandiri. Kata ini semakin populer sejak masa pandemi covid-19. Nah, Sekarang kami dari Izy Stay ingin menawarkan paket untuk Isolasi mandiri di Hotel melalui Izy Stay.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?