5 Fakta Perayaan Imlek, Sarat Makna dan Cerita Tradisional

5 Fakta Perayaan Imlek, Sarat Makna dan Cerita Tradisional

Tahun Baru Imlek atau dikenal dengan Festival Musim Semi adalah sebuah perayaan orang China yang dilakukan setahun sekali. Pada tahun 2021, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari. Acara tersebut merupakan sebuah perayaan paling penting untuk orang China. Bahkan menurut laporan chinesenewyears.net, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh lebih dari 20% di dunia.

Di China, perayaan ini disebut dengan Chunjie atau Festival Musim Semi. Meskipun masih dalam musim dingin, tetapi tahun baru menjadi pertanda bahwa musim dingin akan segera berakhir, dan mulai menyambut musim semi. Di saat ini semua orang mengharapkan awal yang baru serta kembali bertani dan memanen.
Tahun Baru Imlek ini juga dirayakan di negara tetangga, seperti Vietnam, Korea Selatan, dan Korea Utara. Bagi yang bukan orang China, Tahun Baru Imlek hanya sebuah perayaan. Sebenarnya, banyak fakta menarik yang harus diketahui seputar Imlek
 

1.Perayaan imlek sebenarnya ritual pengusiran monster

hari raya Imlek disebut Guo Nian  dalam bahasa Tiongkok sana. Itu bisa diartikan sebagai “merayakan tahun baru” atau “mengalahkan Nian.”
Bagi yang tidak tahu, Nian atau Nianshou digambarkan sebagai monster yang memiliki kepala panjang dengan tanduk tajam. Ia tinggal di laut dalam dan hanya akan muncul ketika hari raya Imlek untuk memakan orang dan ternak sekitar.
 

2.Setiap Tahun Baru Imlek Memulai Shio Baru

Setiap tahun baru imlek maka akan memulai zodiak china yang baru. Zodiak china lebih dikenal dengan nama shio. Terdapat 12 shio yaitu, shio tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Pada tahun ini shio nya adalah babi tepatnya adalah babi tanah.

 

3.Tidak Boleh Mencuci, Menyapu, Ataupun Membuang Sampah

Terdapat salah satu tradisi unik dalam perayaan tahun baru imlek. Tradisi tersebut adalah tidak boleh mencuci, menyapu ataupun membuang sampah selama tahun baru imlek.

Orang Tionghoa tidak mencuci, menyapu, ataupun membuang sampah karena mereka meyakini bahwa jika mereka melakukannya hal itu berarti mereka juga menyapu keberuntungan.Selain itu, mereka juga tidak boleh memotong rambut, tanaman, dan sebagainya selama perayaan tahun baru imlek.

4.Banyak Angpau

Angpau atau amplop merah ini tentunya akan sangat banyak ketika perayaan tahun baru imlek. Orang Tionghoa suka warna merah. Oleh karena itu, angpau yang diberikan pada perayaan tahun baru imlek berwarna merah.
Angpau ini berisi sejumlah uang. Angpau diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada anak-anak ataupun orang yang dituakan. Pemberian angpau ini dimaksudkan untuk memberikan harapan yang baik dan keberuntungan.

5.Perayaan Tahun Baru Imlek Tidak Hanya Dirayakan di China

Walaupun tahun baru imlek merupakan tahun baru China, namun ternyata perayaan tahun baru imlek tidak hanya dirayakan di China lho. Faktanya beberapa negara di dunia juga merayakan tahun baru imlek.
Beberapa negara yang juga merayakan tahun baru imlek adalah Vietnam, Singapura, dan sebagainya. Tak kalah, orang Indonesia yang beretnis Tionghoa tentunya juga merayakan tahun baru imlek lho.








Other Blog
5 Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi, Inspiratif dan Ramah bagi Anak
5 Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi, Inspiratif dan Ramah bagi Anak
Wednesday, 09 February 2022 09:23 WIB
Berlibur ke Kota Bandung, bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang berlibur on a budget bersama orang-orang terkasih. Kali ini Izystay akan memberikan destinasi wisata edukasi di Bandung yang patut Anda kunjungi bersama anak-anak. Dari wisata alam, wisata kuliner dan wisata belanja hingga wisata edukasi.
Izystay User Gathering 2024
Izystay User Gathering 2024
Thursday, 18 January 2024 14:46 WIB
Jakarta, 17 Januari 2024 – IzyStay For Meeting mengadakan User Gathering kali Pertama di tahun 2024 berlokasi di Bangi Kopi Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Hotel Terbaru di Depok
Hotel Terbaru di Depok
Friday, 03 May 2024 15:25 WIB
Siapa yang tidak kenal Depok, Kota yang satu ini terkenal dengan sebutan “Cyber City”, dan menjadi pusat aktivitas niaga dan perkantoran pemerintahan kota Depok
5 Tips Memilih Meeting Room di Hotel
5 Tips Memilih Meeting Room di Hotel
Tuesday, 09 March 2021 08:37 WIB
Meskipun banyak sekali meeting di era pandemi diadakan secara online terkait protokol kesehatan dan anjuran untuk tidak berkerumun, akan tetapi meeting secara langsung tetap tidak bisa diwakilkan dengan meeting secara online, karena ada beberapa value yang tidak tergantikan.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?