7 MENU SAJIAN KHAS IDUL ADHA

7 MENU SAJIAN KHAS IDUL ADHA

Merayakan hari raya Idul Adha rasanya tak lengkap jika tak sambil makan aneka sajian tradisional Indonesia yang melimpah ruah bersama keluarga.
Hari raya Idul Adha biasanya masyarakat akan mengisi momen ini dengan mmebuat hindangan masakan khas yang berbahan dasar daging sapi dan kambing. Ada beberapa alternatif pilihan yang bisa diolah dan disajikan dari daging sapi dan kambing.
Berikut adalah 7 menu pada saat Hari Idhu adha :

  1. Gulai :
    Gulai adalah salah satu makanan yang tersebar luas di Indonesia. Ada beberapa jenis gulai yang terkenal yaitu gulai ayam, gulai kambing dan juga gulai sapi. Gulai merupakan masakan yang bahan utamanya daging atau sayuran dengan bumbu yang kaya rempah-rempah. Awalnya, gulai merupakan masakan yang asalnya dari Sumatera, namun seiring perkembangan gulai tersebar luas ke seluruh penjuru Nusantara.
     
  2. Rendang :
    Daging rendang salah satu masakan khas Indonesia yang tepatnya dari Sumatra Barat. Jangan heran jika rendang paling laku jika Anda temukan di Rumah Makan Padang. Popularitas masakan rendang bahkan sudah menembus mancanegara karena beberapa kali menduduki peringkat pertama makanan paling lezat sedunia. Nah, untuk membuat rendang juga tak terbatas dengan daging sapi. Anda bisa meraciknya dengan menggunakan daging kambing.
     
  3. Semur
    Jika rendang menyajikan cita rasa gurih yang pedas, maka masakan semur dengan warna kecoklatan ini memberi rasa gurih dan asam manis karena kentalnya kecap manis dalam bumbu. Semua daging menjadi makanan wajib Idul Adha baik disajikan dengan daging sapi ataupun daging kambing.
     
  4. Sate Bumbu Kecap :
    Sate merupakan makanan yang sangat populer dan disukai baik oleh orang Indonesia maupun luar negeri. Sate adalah makanan yang dipotong kecil-kecil terbuat dari daging dan ditusuk dengan tusukan sate yang terbuat dari bambu atau lidi. Jika tak menyukai daging, sate dapat diganti dengan ayam, kambing, domba, sapi, kelinci, domba.
     
  5. Tengkleng
    Tengkleng adalah sejenis gulai yang menggunakan bahan-bahan 'tak lazim' yang biasanya tak digunakan atau disisakan oleh masyarakat kala mengolah hasil dari penyembelihan kambing.Bagian 'eksotik' yang bisa hadir di Tengkleng antara lain bagian tulang-tulang rusuk, dengkul, otak, mata, telinga, hidung, hingga gusi dari kambingnya. Meski sekilas terdengar seram atau nyentrik, tengkleng merupakan hidangan yang begitu lezat karena kuah gulainya memiliki cita rasa rempah yang begitu kuat dan gurih.
     
  6. Tongseng :
    Tongseng umumnya dikenal sebagai sajian daging yang asalnya khas dari kota Solo. Makanan olahan daging sapi atau kambing ini memiliki nilai kolestrol yang cukup tinggi. Oleh karenanya, biasanay Tongseng disajikan dengan parutan kubis dan potongan tomat yang begitu banyak, Karena racikan ini pula, tongseng selalu tampil khas dengan kuahnya yang berwarna cokelat bening dan memiliki citra rasa asam dan manis. Bisa dikatakan, tongseng adalah perpaduan antara gulai dengan kekhasan rasa manis kecap dari sate.
     
  7. Kari Kambing
    Masakan khas Aceh ini hampir selalu tersaji ketika datang Idul Adha. Bahan utama untuk membuat kari kambing tidak lain adalah daging kambing itu sendiri. Yang mencerminkan masakan ini berasal dari Aceh adalah penggunaan bumbu serta rempah yang sangat berlimpah. Ada sekitar 24 macam bumbu bila ingin membuat kari kambing dengan rasa sempurnanya. Masakan khas Aceh ini hampir selalu tersaji ketika datang Idul Adha. Bahan utama untuk membuat kari kambing tidak lain adalah daging kambing itu sendiri. Yang mencerminkan masakan ini berasal dari Aceh adalah penggunaan bumbu serta rempah yang sangat berlimpah. Ada sekitar 24 macam bumbu bila ingin membuat kari kambing dengan rasa sempurnanya.
Bagaimana? apakah anda sudah memiliki pilihan menu mana yang anda akan masak untuk Idul Adha besok? Apapun itu pilihannya, tetap #StayAtHome yuk, mari sama - sama menekan penyebaran Pandemi Covid-19. Stay Safe and Stay Healthy ya semuanya !








Other Blog
7 TIPS MENJAGA KESEHATAN DISAAT MASA PANDEMI
7 TIPS MENJAGA KESEHATAN DISAAT MASA PANDEMI
Wednesday, 30 June 2021 15:04 WIB
Semenjak pandemi COVID-19 melanda, salah satunya Negara kita Indonesia, berbagai kebiasaan baru mulai diterapkan hingga menjadi kebiasaan sehari-hari. Mulai dari jaga jarak, harus belajar biasa selau mencuci tangan, selalu mempakai masker, dan tidak sembarangan menyentuh area wajah menggunakan tangan sebelum mencuci tangan..
5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet
5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet
Friday, 09 April 2021 01:31 WIB
Banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal sampai melakukan diet ketat dan olahraga yang keras. Padahal memiliki berat badan yang ideal tidak menuntut anda untuk harus melakukan diet yang ekstrim. Hal yang terpenting dalam menurunkan berat badan adalah melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut ini adalah 5 tips menurunkan berat badan tanpa diet yang dilansir dari berbagai sumber dan ahli :
INDEPEDENCE DAY PROMO BY IZY STAY
INDEPEDENCE DAY PROMO BY IZY STAY
Tuesday, 03 August 2021 13:38 WIB
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Izy Stay menghadirkan promo discount 17% untuk setiap Reservasi Meeting Room & Hotel Rooms .
5 DESTINASI LIBURAN YANG HITS SAAT ANDA SEDANG BERLIBURAN DIBOGOR
5 DESTINASI LIBURAN YANG HITS SAAT ANDA SEDANG BERLIBURAN DIBOGOR
Thursday, 01 July 2021 15:34 WIB
Bogor memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berlibur. Pasalnya, Bogor punya keindahan alam tersendiri yang pastinya asyik kalau dijadikan sebagai lokasi piknik bersama keluarga atau sahabat. Ini adalah Destinasi yang harus anda kunjungi saat anda berkunjung ke daerah bogor Bersama keluarga atau sahabat :

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?